Prabowo Bicara Posisi Indonesia di Antara Amerika Vs China

 18 Agustus 2021   

Prabowo Subianto saat menyampaikan pidato kebangsaan di CSIS

Ketua Umum Partai Gerindra Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto menyampaikan pidato kebangsaan secara virtual dalam acara Perayaan 50 Tahun CSIS Indonesia pada Senin, 16 Agustus 2021. Dalam kesempatan tersebut Prabowo juga menyinggung politik luar negeri Indonesia.

"Kita diwariskan politik bebas aktif, kita diwariskan politik non-alliance. Jadi saya menganjurkan kita terus dengan politik itu. Kita bersahabat dengan semua orang," jelasnya.

Menhan RI ini kemudian menyinggung salah satu filosofi Tiongkok, yaitu seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak.

"Jadi untuk politik luar negeri kita saya kira itu suatu arah yang benar. Kita hormati semua bangsa lain," kata Prabowo.

Prabowo lantas menyinggung dinamika yang terjadi antara Amerika dan China, kemudia menjelaskan posisi Indonesia diantara keduanya.

“Apalagi di kancah sekarang ada kompetisi yang seru antara Amerika dan Tiongkok. Indonesia dimana tempatnya? Indonesia bersahabat kepada Amerika, kita bersahabat kepada Tiongkok, dan kita berusaha kalau bisa kita jadi yah katakanlah jembatan untuk perdamaian," tegasnya.

TAGS :