Survei LSI: Elektabilitas Ganjar Merosot Imbas Piala Dunia U-20, Prabowo Menguat 30, 3 Persen

 10 April 2023   

Momen akrab Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau panen raya di ladang sawah Ambal, Kabupaten Kebumen. (Istimewa)

Lembaga Survei Indonesia merilis survei terbaru bertajuk 'Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegak Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi BTS dan Peta Politik Terkini' pada Minggu (9/4).

Dalam survei itu turut disinggung elektabilitas terbaru dari capres potensial di Pilpres 2024. Elektabilitas Ganjar Pranowo terlihat mengalami penurunan. Sedangkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan menguat.

"Pada pilihan calon presiden, tampak terjadi pergeseran yang sangat besar. Pada tiga besar capres, Ganjar Pranowo mengalami kemunduran, Prabowo cenderung menguat, sementara Anies relatif tidak banyak berubah," ucap Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Survei LSI soal Capres Potensial. Foto: LSI

Djayadi menjelaskan, dalam simulasi daftar 19 nama, elektabilitas Ganjar Pranowo kini 19,8%. Jumlah itu turun signifikan dari 27,1% pada Februari lalu.

Sedangkan Prabowo Subianto kini 19,3%, sedikit menguat dari 17,9% pada Februari. Sementara Anies Baswedan 18,4%, juga sedikit menguat dibanding Februari lalu 17,2%.

"Pada simulasi tiga nama, Prabowo Subianto unggul 30,3% (Februari 26,7%). Kemudian Ganjar Pranowo 26,9% (Februari 35%), dan Anies Baswedan 25,3% (Februari 24%)," kata Djayadi.

Djayadi membeberkan dugaan mengapa elektabilitas Ganjar merosot. Ada kemungkinan pernyataan Ganjar Pranowo terkait timnas Israel sehingga terjadi pembatalan penyelenggaraan PD U-20 di Indonesia menjadi penjelasan di balik merosotnya basis dukungan Ganjar.

"Nama Ganjar Pranowo juga disebut cukup banyak sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas keputusan FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah PD U-20"

- Djayadi Hanan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai bertemu Presiden RI Joko Widodo di Masjid Sheikh Zayed, Solo, Jumat (7/4/2023). Foto: Dok. Istimewa

Survei LSI dilakukan pada 31 Maret sampai 4 April 2024. Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Sumber Berita : kumparan.com

TAGS :